SELAMAT DATANG

Total Tayangan Halaman

Tips Untuk Landak Mini yang Tidak Mau Menyusui Anaknya
9/29/2013 05:05:00 PM

1.      terkadang anakan juga sering berjalan keluar dari hidding box, dan malah menjauh dari betina yang sedang menyusui anakan-anakan lainnnya, jika anda melihat hal ini, ambil sendok makan bersih dan ambil si anakan yang terpisah tadi kemudian dekatkan ke area puting induknya agar dia bisa kembali menyusu.
LAKUKAN bila si anak yg jauh dari induknya uda menjerit2 tetapi induknya ngk ngumpulin dia ke saudarana yg lg menyusu. Biasanya induknya akan ngumpulin anak2nya kl mo nyusuin mereka.


2.      untuk betina yang justru gelisah dan terkadang jarang menyusui si anak (bukti kalo induknya masih mau menyusui bisa diliat dari anak2nya ngk menjerit2 kelaparan), itu tidak apa-apa masih dalam tahap wajar, sesekali indukan memang lebih memilih tidur di luar atau keluar dari hidding box untuk sekedar berisitriahat dan mendapat udara segar.


3.      untuk betina yang benar-benar sama sekali tidak mau menyusui si anak, segeralah memindahkan si anak untuk dititipkan ke indukan lain yang memiliki anak berumuran relatif sama dengan anakan yang tidak disusui induknya (pengalaman beda 10 hari masih bisa). Tapi anda juga harus memahami bahwa indukan juga memiliki batas maksimal untuk menyusui sejumlah anakan, Sebagai contoh, misal indukan yang akan dititipi ternyata hanya memiliki 1-4 ekor anak anda bisa menitipkan maksimal 2-3 ekor anak lagi kepadanya agar anak kandungnya dan anak titipan bisa sama-sama disusui.

Namun jika indukan lain sedang menyusui 6-8 ekor anak, jangan sekali-kali menambah
jumlah anakan (anakan titipan kepada dia, karena jika jumlah anakan susuan
berlebih, mayoritas kejadian akan mengarah ke tidak mampunya si indukan untuk
menyusui anakan yang melebihi batas, otomatis si anakan titipan tidak akan
disusui, bahkan anakan kandungnya bisa-bisa malah ditinggalkan juga) jadi
bener-bener perhatikan hal ini.

Cara menitipkan:
1. ambil serbuk dari kandang indukan yg mo dijadikan ibu asuh, taruh dalam box kecil
2. ambil anakan lamin yg mo dititip dgn sendok bersih dan masukkan ke dalam box kecil tadi selama 10 menit. Tujuannya untuk menyamakan baunya dgn ibu asuhnya.
3. Berikan UH buat ibu asuhnya untuk mengalihkan perhatiannya. Gabungin anak asuh dgn anak kandung si ibu asuh.
4. Pantau dan berdoa smoga mau disusuin
Dari:Landak Mini 2013

0 komentar: