SELAMAT DATANG

Total Tayangan Halaman

Langkah-Langkah mengawinkan Landak Mini
9/29/2013 04:49:00 PM


1.      Usia jantan minimal 4bln dan betina 6bln. Sebelom dikawinkan sebaiknya jantan betina dimandikan untuk mencegah munculnya kutu maupun jamur yang mengganggu kebersihan dan kesehatan ketika akan masuk proses pengawinan.
Yang betina setelah dikawinkan sebaiknya tidak dimandikan karena bisa memicu
stress, ada kalanya bisa terjadi keguguran.


2.      Berikan nutrisi tambahan (berikan Ulat Hongkong, atau suplemen sperti minyak ikan atau semacam nutriplus gel, dll selama seminggu sebelom perkawinan dilangsungkan) untuk makin memaksimalkan kualitasnya sel telur betina dan sperma jantan (biar banyak anak J) CF tetep tersedia.


3.      jaga kebersihan kandang.


4.      satukan betina dengan jantan sekitar 2-3minggu untuk proses pengawinan.


5.      setalah 2-3 minggu  itu jantan di keluarkan dari kandang pengawinan tadi.

  Cara lain: satukan jantan dan betina trus pantau sampai kimpoi (kalo abis kimpoi si jantan gigit duri si betina itu ritual yg biasa terjadi. Menurut legenda itu disebabkan si jantan gemes minta jatah tambahan hihihihi.....). 
Kalo uda kimpoi dipisah selama 2 hari. Hari ke-3 satukan lagi pantau sampai kimpoi. Pisah lagi 2 hari kemudian satukan lagi. Lakukan ritual ini sampai betina menolak untuk dikimpoi karena itu ciri betina uda hamil. (jantan jg malas meng-kimpoi kl betina uda hamil. Biasa jantan lgs tiduran sendiri)


6.      letakkan hidding box di dalam kandang betina, sebagai sarana si indukan nantinya tidur dan menyusui si anak ketika sudah lahir.


NB: hiding box tidak mesti tapi kalo ada lebih baik untuk menjaga kemungkinan si induk stress.
Dari:Landak Mini 2013

0 komentar: